Thursday, September 4, 2014

Praktik Yang Baik di Sekolah dengan Penerapan PAKEM


Kata orang hujan adalah anugrah bagi bumi yang diberikan sang pencipta, begitu juga pagi ini 4 september 2014, gerimis mengundang untuk tetap terlelap dibalik selimut hotel yang nyaman tidak mengurangi semangat para fasilitator daerah untuk melakukan kegiatan praktik mengajar disekolah-sekolah binaan Usaid prioritas.
MIN Medan Barat adalah sekolah yang dikunjungi saat ini, sambutan sekolah yang ramah serta antusias siswa/siswi yang begitu polos menjadi motivasi tersendiri buat  guru untuk mengimplementasikan hasil pelatihan selama ini.
Hari ini kelas begitu berbeda, guru baru suasana baru dimana pengelolaan kelas sudah tidak lagi klasikal dimana kelas sudah di bentuk menjadi kelompok-kelompok kecil yang mewakili kesetaraan jender dan kelompok juga dibentuk berdasarkan mewakili perbedaan individu.  Pagi itu sekolah dimulai dengan lagu “Bebek ku” semangat peserta didik langsung tumbuh.




Materi hari ini mengenal ciri-ciri makhluk hidup, dengan menggunakan media yang telah disiapkan. Setiap kelompok siswa diberikan gambar-gambar hewan yang memiliki ciri-ciri khusus, kemudian guru memberikan lembar kerja. Setiap kelompok sangat antusias dalam mengerjakan lembar kerja siswa, dimana siswa mengisi kolom-kolom kerja seperti nama hewan, tempat tinggal dan ciri khusus yang dimiliki dan kegunaannya. dengan menggunakan media pembelajaran yang dibuat guru ini sejalan dengan pendapat (Encyclopedei of Educational Research, 1994) yang mengatakan media berfungsi  Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme, Memperbesar perhatian siswa. 


Setelah selesai mengerjakan lembar kerja, setiap kelompok memperesentasikan hasil kerjanya, siswa yang berpresentasi mampu menyampikan dengan dengan bahasa yang baik dan benar, dalam hal menanggapi hasil presentasi beberapa siswa sangat kritis memberikan komentar terhadap hasil kerja temannya, ini sangat membanggakan karena siswa telah mampu menyampaikan pendapat dan idenya secara original. Sesuai dengan pendapat ( sayyidah, 1995) dengan siswa diberikan presentasikan penyajian materi secara lisan oleh siswa dengan mengiakan idenya sendiri membentuk pemikiran yang terorganisir dan dapat merangsang diskusi secara aktif antara penyaji dengan audience.




Hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan sangat memuaskan dimana ketika kita sebagai guru mempasilitasi siswa dengan media, lembar kerja dan kesempatan untuk menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas dan menanggapai oleh teman sejawatnya membuat siswa bisa berpikir kreatif, berpikir kritis. Komentar-komentar siswa yang diberikan terhadap guru-guru yang mengajar juga begitu mengharukan, banyak siswa mengatakan bahwa pembelajaran hari ini begitu menyenangkan, belajarnya begitu asik, guru tidak pernah marah.

Semoga guru-guru yang praktisi hari ini bisa menerapkan pembelajaran yang baik ini kesekolahnya masing-masin. Amin.
Praktek team IPA

Wednesday, September 3, 2014

Kontak Kuliah Praktikum Biologi Umum I




Tahunn Ajaran Baru  2014/2015 semester 1 dimulai Agustus 2014. Selamat datang bagi mahasiswa baru di Kampus hijau, bagi mahasiswa baru yang mengambil matakuliah biologi umum akan memperoleh praktikum biologi umum diharapkan dapat mengikuti perkuliahan dengan maksimal berikut tujuan praktikum biologi umum yaitu  Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan menguasai tentang mikroskop dan cara penggunaannya, pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, pengamatan sel daun hidrilla verticilata, organ dan sistem organ tumbuhan, organ dan sistem organ pada hewan, metabolisme, uji glukosa dan fehling A dan B, uji yodium pada amilum, penentuan golongan darah, fotosintesis dan respirasi, morfologi spora tumbuhan paku, ciri beberapa suku tumbuhan. dibawah ini kontrak kuliah praktikum biologi umum Download disini