Tuesday, January 22, 2008

Analisis Kurikulum SDIT Al-Hijrah 2 Medan

Analisis Kurikulum SDIT Al-Hijrah 2 Medan

I.Latar Belakang

Sebelum melakukan analisis kurikulum terlebih dahulu kita melihat komponen-komponen yang ada di dalam kurikulum KTSP 2006 yang di terapkan oleh pemerintah (Mentri pendidikan Indonesia). Adapun komponen kurikulum KTSP 2006 yaitu
1.Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
Dalam komponen pertama KTSP ini dapat dilihat ada kesesuaian dengan komponen teori kurikulum konseptual yaitu pada poin tujuan pembelajaran. Tujuan pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan meliputi:
a.Tujuan pendidikan dasar
Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Pada komponen kedua KTSP ada beberapa kesesuaian dengan beberapa komponen teori kurikulum konseptual yaitu:
a.Pembelajaran dengan kurikulum
Pembelajaran dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini selain sangat menitikberatkan pada kompetensi juga tidak mengabaiakan penyampaian informasi atau materi. Materi-materi yang akan disampaiakan harus sesuai dengan kelompok-kelompok mata pelajaran yang telah ditetapkan, atau materi yang akan disampaikan tidak boleh bertentangan dengan kelompok mata pelajaran yang dikembangkan. Kelompok mata pelajaran yang dikembangkan sebagai berikut:
1)Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2)Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3)Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4)Kelompok mata pelajaran estetika
5)Kelompok mata pelajaran jasmani,olah raga dan kesehatan.
b.Kontekstual
Dalam KTSP pembelajaran dilakukan dengan pendekatan kontekstual.


c.Proses penilaian
Untuk proses penilaian dalam KTSP tidak hanya mementingkan penilaian tertulis. Dalam KTSP menggunakan penilaian berbasis kelas. Penilaian berbasis kelas pada KTSP mempunyai kekhasan sebagai berikut:
1)Dari klasifikasi siswa bergeser ke pengembangan kemampuan siswa
2)Lebih cenderung:penilaian acuan kriteria
3)Kompetensi dan indicator menjadi acuan
4)Menerapkan berbagai macam penilaian
5)Berupaya memberikan profil kemampuan siswa secara lengkap
6)Mengoptimalkan .kompetensi siswa
d. Fokus terhadap output atau hasil akhir
Untuk dapat menghasilkan output yang mempunyai kompetensi maka dalam KTSP pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan siswa secara akademik, tetapi juga sangat mengutamakan pencapaian kompetensi bagi siswa.Dalam KTSP terdapat pendidikan kecakapan hidup, yang meliputi:
1)Kurikulum untuk SD dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan/kecakapan vokasional
2)Pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian dari pendidikan semua mata pelajaran
3) Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan atau dari satuan pendidikan formal lain dan atau nonformal yang sudah memperoleh akreditasi.
2.Kalender Pendidikan
3.Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sesuai dengan teori kurikulum konseptual yaitu mengembangkan silabus,begitupula dalam KTSP. Silabus dapat didefinisikan sebagai”garis besar” ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran. Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam ramgka pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar.

II. Analisis Kurikulum KTSP yang telah dimodifikasi di SDIT Al-Hijrah 2

Analisis kurikulum ini berdasarkan tugas yang diberikan kepada saya yaitu ruang lingkup kurikulum berdasarkan teori posisi Transformer dimana kurikulum dan siswa saling mendukung dalam proses mencapai tujuan pendidikan, dengan landasan filosofis yaitu psikologi humanistik aliran yang melihat siswa dari segi keunikan/kekhasannya, dan motivasi yang dimilikinya. Siswa selain memiliki kesamaan juga memiliki kekhasan
Dalam mengembangkan kurikulum SDIT Al-Hijrah 2 berdasarkan prinsip-prisnsip berikut:
1.Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentiongan peserta didik dan lingkungannya
2.Beragam dan terpadu
3.Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4.Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.Menyeluruh dan kesinambungan
6.Belajar sepanjang hayat
7.Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Dari dasar prinsip diatas sangat jelas bahwa kurikulum yang dikembangkan di SDIT Al-Hijrah 2 sudah sesuai dengan ruang lingkup kurikulum berdasarkan teori posisi yaitu transformer. Jika dilihat dari komponen kurikulum SDIT Al-Hijrah 2.
1.Tujuan
2.Visi
3.Misi
4.Kelompok mata pelajaran
5.Pengembangan diri
6.Beban belajar
7.Ketuntasan belajar
8.Kriteria naik kelas dan kelulusan
9.Kalender pendidikan

a. Analisis kurikulum ini dimulai dari
1. Tujuan
Dilihat dari komponen tujuan sangat baik karena SDIT Al-Hijrah 2 sudah memiliki Komponen kurikulum setandar dan malah dikembangkan lagi contoh tujuan pendidikan dasar yaitu ; meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan kepribadian, akhlak, serta keterampilan hidup mandiridan mengikuti pendidikan lebih lanjut. SDIT Al-Hijrah 2 menjabarkanya menjadi terperinsi lagi dengan 12 item yang mereka namakan quality assurance
2. Kelompok mata pelajaran
Dilihat dari mata pelajaran yang diajarkan sudah baik karena mencakup komponen pelajaran yang ada di KTSP, sehingga siswa telah memperoleh palajaran yang masimal.
3. Pengembangan Diri
Kegiatan ekstrakukrikuler sesuai minat dan bakat di SDIT Al-Hijrah 2 sangat banyak sehingga siswa dapat memilih sesuai dengan keinginan dan hobbinya sehingga keinginan siswa dapat terpenuhi dengan maksimal.
4. Beban belajar
Dilihat dari beban belajar siswa di gandakan, misal pada umumnya mata pelajaran matematika kelas 4 jam pelajaran di SDIT Al-Hijrah 2 menjadi 8 jam pelajaran begitu juga pelajaran lain. Karena SDIT Al-Hijrah 2 merupakan sekolah full day school.
5. Ketuntasan belajar
SDIT Al-Hijrah 2 sudah memiliki ketuntasan belajar, sehingga guru dapat mellihat keberhasilan siswanya disetiap mata pelajrannya disesuaikan dengan tingkat kesulitannya misalnya Matematika, Bahasa Inggris, B.Arab ketuntasannya 65 karena dianggap sulit, untuk mata pelajaran yang lain lebih tinggi.


6. Kriteria naik kelas dan kelulusan
SDIT Al-Hijrah 2 juga memiliki kriteria naik kelas dan kelulusan sehingga dalam rapat kenaikan kelas tinggal melihat kriteria tersebut, jika siswa ada yang tidak memenuhi kriteria tersebut otomatis siswa tidak naik atau lulus.
7.Kalender pendidikan
SDIT Al-Hijrah 2 memiliki kalender pendidikasn yang sudah dimodifikasi dilihat dari jam efektif mengajar, ulangan, ujian dan jadwal auting siswa juga sudah ada sehingga semua kegiatan siswa terjadwal dengan baik.
(semua komponen yang dianalisis dapat dilihat dalam lampiran).

III. Kelebihan dan kekurangan KTSP yang diterapkan di SDIT Al-Hijrah 2
a.Kelebihan
•Kurikulum KTSP SDIT Al - Hijrah 2 memiliki tujuan yang sangat sepesifik sehingga kita dapat melihat dengan jelas terget yang akan dicapai siswa dan guru
•Memiliki pengembangan diri yang sangat banyak yang dilakukan setiap hari sabtu dan menggunakan guru diluar guru yang mengajar (ahli dalam bidangnya), sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuanya sesuai dengan hobbynya
•Jam mengajar yang dilipat gandakan membuat pemahaman siswa terhadap materi dapat lebih mendalam
•Metode mengajar yang digunakan sangat berpariasi sehingga siswa tidak merasa bosan, berpijak pada pembelajaran yang Aktif, Kriatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
•Penentuan ketuntasan belajar yang telah ditetapkan memudahkan guru untuk menilai seberapa berhasil dia mengajar didlam kelas
•Penentuan kriteri kenaikan kelas dan keluilusan juga membuat rapat naik kelas dan kelulusan tidak berlangsung lama guru hanya melihat kriteria saja dan menyatkan siswa lulus atau tidak.



b.Kekurangan
•Kurikulum KTSP SDIT Al - Hijrah 2, untuk pembelajran tematik dikelas rendah sudah menggunakan guru bidnag setudi tidak guru kelas sehingga pembelajaran tematik tidak berjalan maksimal
•Jam pelajaran yang begitulama karena melipat gandakan jam pertemuan, sehingga membuat jam pulang menjadi lama membuat siswa jenuh.

1 comment:

  1. Jakarta, 4 November 2012 Hal = Penawarkan kalender Da’wah 1434 H/ 2013 M.
    Bismillahirrahmanirrohim.
    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Semoga Bapak/ Ibu dalam keadaan sehat selalu. Mohon maaf mengganggu.
    Kami dari Bursa Kalender “Abdullah Agency” ingin menawarkan kalender Da’wah Tahun Baru Hijriyah 1434 H dan Kalender Da’wah Tahun Baru Masehi 2013 M. IsyaAllah kalender yang kami tawarkan sangat menarik karena multi fungsi yakni memadukan antara fungsi kalender dan misi da’wah.
    Untuk lebih jelasnya silahkan buka website Www.KalenderIslami.com, kemudian jika berminat silahkan kirim Email kalender.islami@yahoo.com atau Hub. 021.99905555.
    Nb. Kami juga menerima pesan Kalender umum termasuk kalender Meja serta kalender pesanan khusus
    “Abdullah Agency”
    Www.KalenderIslami.com
    Telp. 021.99905555/ 081399006666

    ReplyDelete

Kritik dan Saran