Thursday, June 2, 2011

Lebah Si Mungil BeriBu ManfAat




LEBAH merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena suka hidup berkelompokm meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. http://id.wikipedia.org/wiki/Lebah
Gambar: Bagian Organ Lebah
Ciri-ciri Umum: Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari malam yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari. Lebah menjalani metamorfosis lengkap ("holometabola") sehingga terdapat empat tahap bentuk kehidupan: 1) telur; 2) larva, 3) pupa (kepompong), 4) imago (lebah dewasa). Telur yang menetas akan menjadi larva. Pada tahapan ini, lebah pekerja akan memberi larva makanan berupa serbuk sari, nektar, serta madu. Sebagian nektar yang dikumpul oleh lebah pekerja disimpan sebagai madu. Setelah beberapa hari, larva berganti menjadi pupa dan seterusnya menjadi anak lebah.

LEBAH MADU : termasuk dalam genus Apis, dari sekitar 20.000 spesies yang ada. Saat ini dikenal sekitar 44 subspesies. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari malam, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.Lebah madu yang ada di alam Indonesia adalah A. andreniformis, A. cerana dan A. dorsata, serta khusus di Kalimantan terdapat A. koschevnikovi.
Mari Mengenal Koloni Lebah
Dalam suatu kelompok (disebut "koloni") terdapat tiga "kasta", yaitu:
(macam sistem kasta di India)
1.     Ratu Lebah
Gambar: Ratu Lebah
Lebah ratu adalah lebah yang bertanggung jawab dalam proses reproduksi dalam koloni lebah madu. Lebah betina ini biasanya merupakan satu-satunya lebah yang melakukan proses perkawinan. Umumnya memiliki ukuran lebih besar daripada lebah pekerja,berwarna lebih gelap (hitam kecoklatan). Lebah ratu dapat bertelur lebih dari 2000 buah butir telur per hari dan dapat hidup dari 4-5 tahun dibanding para lebah pekerja. Hal itu disebabkan lebah ratu mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya

2.     Lebah Betina/Lebah Pekerja (Berjiwa Jiban/Jiwa Pembantu)
Lebah betina atau lebah pekerja mengumpulkan serbuk sari dan nektar. Madu merupakan produk hasil pengolahan makanan ini dalam tubuhnya dan disimpan dalam sarang lebah untuk makanan, termasuk untuk larva dan pupa. Ada juga lebah betina yang bertugas membersihkan sarang dan menjaga anak-anak lebah. Harapan hidup lebah pekerja ialah tiga bulan atau lebih sedikit. Lebah betina terbentuk tanpa melalui perkawinan ("partenogenesis") dan mandul (steril) karena hanya memiliki satu set kromosom (haploid).
Gambar: Lebah Pekerja

3.     Lebah jantan
Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu dan akan mati setelah kawin. Lebah jantan merupakan lebah hasil perkawinan (sehingga diploid) yang diberi makanan nektar dan madu biasa (bukan "royal jelly"). Terdapat pula lebah yang hidup menyendiri, tidak dalam kelompok. Jenis lebah yang demikian disebut lebah soliter.
Makanan Lebah Nektar atau sari bunga adalah cairan manis kaya dengan gula yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan sewaktu mekar untuk menarik kedatangan hewan penyerbuk seperti serangga. Nektar dihasilkan kelenjar nektar yang biasanya terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium), sehingga hewan penyerbuk mau tidak mau bersinggungan dengan kepala sari (anthera) dan pistil sewaktu mengambil nektar.Nektar merupakan sumber makanan bagi lebah. Dalam budidaya pertanian, nektar sangat penting untuk menarik perhatian serangga penyerbuk.

Manfaat Dari Madu:
1.       Lebah madu yang dikenal sebagai Apis mellifera, mempunyai sifat yang sangat jinak dan hal terpenting adalah membantu penyerbukan (pollinators).
2.       Lebah madu adalah menjadi satu-satunya serangga yang menghasilkan makanan (madu, bee pollen, propolis dan royal jelly) yang menyehatkan dan menyembuhkan manusia.
3.       Madu menjadi satu-satunya makanan yang meliputi semua unsur yang diperlukan untuk menopang hidup, mencakup enzim, vitamins, mineral, dan air; dan adalah satu-satunya makanan yang berisi ” pinocembrin”, suatuantioxidant yang meningkatkan fungsi otak.
4.       Bee Pollen sering disebut sebagai inti sari kehidupan, bee pollen ini dikumpulkan lebah dari tepung sari bunga jantan. Tanpa adanya pollen maka tidak akan ada buah-buhan jadi sangat wajar bee polen dijuluki sebagai superfood atau inti kehidupan.
5.       Dalam Royal jelly mengadung rahasia awet muda. Royal jelly sangat kaya collagen yang berfungsi untuk meremajakan sel-sel tubuh. Usia ratu lebah adalah 40x umur lebah pekerja, ini berkat royal jelly yang dimakannya sebagai sumber rahasia awet muda.
6.       Propolis sebagia super antioksidan yang kaya bioflavanoid, satu tetes bioflavanoid setara dengan 500 jeruk segar. Propolis juga dikenal sebagai anti kanker karena mengandung zat CAPE.
7.       Bisa lebah atau sengatan lebah walaupun sangat berbahaya untuk membunuh musuhnya ternyata juga sangat berkhasiat untuk mengobati manusia seperti sakit rematik dll.
8.       Ruangan sel lebah merupakan ruang paling streril di dunia berkat dilapisi propolis sebagai anti virus, anti jamur dan anti bakteri.
9.       Madu Lebah mempunyai 6 kaki, 2 mata campuran disusun dari beribu-ribu lensa kecil, 3 mata sederhana di atas kepala, 2 pasang sayap, kantong madu, dan perut.
10.   Lebah madu mengepakkan sayapnya sebanyak 11,400 kali per menit,
11.   Lebah madu dapat terbang sejauh 6 mil dari sarangnya, dengan kecepatan setara 15 mil per jam. Sepanjang hidupnya lebah terbang sejauh 90,000 mil atau setara dengan tiga kali keliling bola bumi hanya untuk mendapatkan satu pond madu.
12.   Rata-rata satu lebah madu akan mengumpulkan hanya madu sebanyak 1/12 sendok teh seumur hidupnya .
13.   Untuk menghasilkan 1 pon madu diperlukan sekitar 2 juta bunga dan tenaga sekitar 556 lebah pekerja. Satu ons madu yang didapatkan setara dengan penerbangan lebah mengelilingi bumi.
14.   Satu lebah madu akan mengunjungi 50 – 100 bunga dalam satu perjalanan mengumpulkan madu.
15.   Setiap satu koloni lebah madu dihuni sekitar 20,000-60,000 lebah dan dipimpin oleh satu ratu lebah.
16.   Setiap ratu lebah mempunyai bau yang unik sehingga semua  lebah dapat mengindentifikasi koloninya sendiri.
17.   Lebah madu pekerja  adalah lebah betina yang organ reproduksinya tidak sempurna, hidup berkisar 6-8 minggu dan melalukan semua pekerjaan mulai dari membersihkan sarang, membuat sarang, mengumpulkan madu dll.
18.   Ratu Lebah hidup untuk sekitar 3-5 tahun dan menjadi satu-satunya lebah yang bertelur. Ratu lebah setiap hari bertelor 2500 butir.
19.   Lebah jantan, hidupnya hanya untuk mengawini ratu lebah dan pekerjaan-pekerjaan ringan tidak seperti lebah betina.
20.   Hanya lebah pekerja yang mempunyai sengatan dan mereka akan menyengat jika merasa terancam. Sekali menyengat lebah akan langsung mati. Ratu mempunyai alat penyengat, tapi tidak untuk membantu mempertahankan.
21.   Lebah madu berkomunikasi dengan satu sama lain dengan cara ” menari”.
22.   Lebah madu adalah makhluk yang sangat terorganisir dan bisa menjadi teladan dalam kehidupan manusia.
23.   Lebah adalah makhluk yang mendapatkan wahyu untuk menghasilkan makanan yang menyembuhkan manusia. http://www.madupropolis.com/keajaiban-lebah-madu/

Keistimewaan lebah madu jelas sekali tertulis dari dalam Al-Qur’an dan Rasullullah juga sangat mengajurkan meminum madu. Ini beberapa cuplikan hadist:
Al Qur'an menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul yaitu An Nahl (Lebah Madu). Dalam salah satu ayatnya (Surah An Nahl ayat 68-69 tertulis: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa minum madu setiap bulan dengan niat melakukan nasehat Al-Qur’an, maka Allah SWT akan menyembuhkannya darinya 77 penyakit”.
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa ingin memiliki hafalan yang kuat hendaklah dia meminum madu”.
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sebaik-baik minuman ialah madu karena dia dapat mengkonsentrasikan hati dan menghilangkan dingin yang ada di dalam dada”.
Dari Imam Ali a.s. beliau bersabda: “Madu adalah obat dari segala penyakit, tiada penyakit di dalamnya, ia dapat menghilangkan lendir dan membersihkan hati”

Daftar Rujukan
Anonim. wikipedia.org/wiki/Lebah. Diakses 3 Juni 2011
Anonim. wikipedia.org/wiki/Lebah_madu Diakses 3 Juni 2011

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Saran